]

Pengertian Serta Konfigurasi IP Route dan IP DNS MikroTik CLI Beserta Gambar

Pada artikel sebelumnya, Kita telah membahas bagaimana Mengubah Identitas dan Konfigurasi User MikroTik serta Konfigurasi IP Address MikroTik CLI. Nah, selanjutnya pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Mengkonfigurasi IP Router dan IP DNS pada Mikrotik melalui / dengan / via CLI.


Perlu diketahui, untuk menyalurkan Internet dari ISP jaringan kepada Client Kita, perantanya (Router) harus terlebih dahulu mendapatkan akses internet dari ISP sebelum diteruskan kepada Client. Untuk itu, selain IP Address yang disesuaikan dengan Jaringan yang ada, Kita juga perlu IP Route dan IP DNS untuk mendapatkan hak akses internet dari ISP tersebut. Sebelum memulai konfigurasi, marilah Kita terlebih dahulu memahami apa arti dan pengertian dari IP Router dan IP DNS itu sendiri.


    Apa itu IP Route?


    Pengertian. IP Route adalah proses memindahkan paket dari satu network ke network yang lain menggunakan router-router dengan menentukan jalur yang akan dilewati oleh paket-paket data agar sampai ke tujuan. Tanpa adanya IP Route, MikroTik tidak akan bisa menentukan jalu untuk paket-paket datanya.

    Apa itu IP DNS?


    Pengertian. Domain Name Server atau DNS adalah sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address). Normalnya, untuk mengakses internet, Sobat perlu mengetikkan IP Address sebuah website. Cara ini cukup merepotkan. Sebab, ini artinya, Sobat perlu punya daftar lengkap IP Address website yang dikunjungi dan memasukkannya secara manual.

    Dengan adanya DNS, Kita cukup memasukkan alamat domain yang akan Kita kungjungi dan dengan begitu sistem ini akan menargetkan IP Address dari alamat domain yang ingin Kita kunjungi, untuk itulah diciptakan DNS. IP DNS pada MikroTik biasanya tertuju pada Server DNS milik Google yaitu 8.8.8.8 atau 8.8.4.4 dan mungkin masih banyak lagi.

    Nah, setelah Kita mengetahui arti dari keduanya. Langsung saja Kita praktekan Konfigurasi IP Route dan IP DNS pada MikroTik Kita dengan CLI. Berikut adalah pembahasannya.

    Konfigurasi IP Route


    Seperti biasa, Kita harus masuk ke MikroTik nya terlebih dahulu untuk memulai konfigurasinya. Saya sediakan sebuah topologi untuk pembahasan kali ini, Topologi nya adalah sebagai berikut.


    Dapat dilihat diatas, dimana topologi tersebut menunjukkan sebuah ISP dengan gateway yang diberikan untuk Clientnya dengan IP Address 192.168.1.1 dan ether1 pada Router MikroTik nya memiliki IP Address 192.168.1.2. Perlu diketahui, untuk dapat dikatakan sebuah jaringan masing-masing komponen harus memilik Net ID yang sama, seperti contoh diatas sama-sama dalam Net ID 192.168.1.0.

    Pertama, Kita setting terlebih dahulu IP Address pada ether1 Router MikroTik sesuai dengan topologi diatas, untuk Cara nya dapat Sobat lihat di artikel Konfigurasi IP Address MikroTik CLI.

    Setelah IP Address Kita setting sesuai dengan topologi diatas, untuk bisa meneruskan data dari ISP ke Client selanjutnya Kita konfigurasikan IP Route nya sesuai topologi diatas dengan perintah sebagai berikut.

    Konfigurasi Ip Route
    Konfigurasi Ip Route

    Dst-address pada gambar diatas menunjukkan alamat tujuan (destination) untuk ip route Kita. Jika Kita ingin mendapatkan akses internet, isi dst-address-nya dengan ip 0.0.0.0/0 yang berarti ke berbagai arah (internet). Sedangkan gateway pada gambar diatas menunjukkan alamat gerbang (gateway) untuk menuju ke internet, yaitu ip address dari ISP Kita. Sesuai dengan topologi diatas, Saya isikan gateway nya 192.168.1.1 (IP ISP).

    Untuk melihat benar tidak nya konfigurasi IP Route yang Kita masukkan tadi, perintahkan MikroTik untuk mencetak konfigurasi-nya, yakni dengan perintah ip route print. Jika terdapat flags A pada rule yang Kita konfigurasi tadi yakni dengan dst-address=0.0.0.0/0 dan gateway=192.168.1.1 itu artinya rule tersebut Aktif (flags A = Aktif) dan konfigurasi yang Kita terapkan berhasil.

    Menampilkan IP Route (Print)
    Menampilkan IP Route (Print)

    Untuk mengecek akses internet nya, cukup Kita ping saja ke IP DNS milik Google yaitu 8.8.8.8 atau 8.8.4.4. Jika tampil seperti gambar dibawah, itu artinya Router Kita sudah memiliki akses internet dari ISP Kita.

    Ping 8.8.8.8 (IP DNS Google)
    Ping 8.8.8.8 (IP DNS Google)

    Sampai sini Kita sudah berhasil mengkonfigurasikan IP Route pada Router MikroTik Kita. Namun untuk bisa mengakses internet dari web, Kita harus mengkonfigurasikan juga IP DNS Kita. Contohnya bila Kita ingin mengakses www.google.com tanpa adanya konfigurasi di IP DNS Kita, ini yang akan terjadi. Router Kita tidak akan mengenal apa itu google tanpa ada nya hal tersebut. Ini lah betapa pentingnya IP DNS tersebut seperti yang telah dijelaskan di awal artikel ini.

    Ping tanpa IP DNS
    Ping tanpa IP DNS

    Konfigurasi IP DNS

    Selanjutnya, Kita akan memasuki tahapan selanjutnya yaitu mengkofigurasi IP DNS. Kita sudah mengetahui betapa pentingnya IP DNS ini seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya. Oleh karena itu, Jika Kita ingin mendapatkan sebuah akses internet, jangan lupa juga untuk mengkonfigurasikan IP DNS-nya. Sebab inilah saya menggabungkan Cara Konfigurasi IP Route dan IP DNS di satu artikel kali ini.

    Oke, langsung saja Kita konfigurasikan. Kita masih gunakan topologi sebelumnya ya sobat.

    Pertama, seperti biasa kalian harus masuk dulu ke dalam Router MikroTik kalian. Kemudian Kita tampilkan terlebih dahulu setting-an default dari Router Kita, ya! dengan memerintakan Router untuk mencetaknya (print) dengan perintah ip dns print. Berikut adalah setting-an default -nya.

    IP DNS Print
    IP DNS Print

    Bisa Kita lihat gambar diatas, bagian servers masih kosong dan bagian allow-remote-requests juga masih no, Kita akan mengkonfigurasi kedua bagian tersebut menjadi seperti berikut ini
    • servers : 8.8.8.8,8.8.4.4 => IP DNS Google
    • allow-remote-requests : yes => Menjadikan DNS Cache (lebih cepat)
    Untuk menerapkannya ketikkan perintah seperti gambar dibawah ini

    Konfigurasi IP DNS
    Konfigurasi IP DNS

    Dan seperti biasa, untuk melihat perubahannya Kita perintahkan Router untuk mencetaknya. Ya! tentu saja dengan perintah print. Berikut adalah perubahannya.

    IP DNS Print Berhasil
    IP DNS Print Berhasil

    Dan untuk mengecek berfungsi atau tidaknya perubahan tersebut, Kita ping saja ke google.com. Jika tampilan yang keluar seperti gambar berikut, itu artinya? Ya! Kita berhasil sobat :D

    Ping google.com
    Ping google.com

    Baiklah, itu saja artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan kunjungi Blog Site ini yang mana didalamnya insya allah banyak ilmu yang bermanfaat, dan jangan lupa jadikan Blog Site ini sebagai media edukasi sobat yah. Sekian dari Saya, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

    Terima Kasih
    Telah Berkunjung

    Kata kunci :
    Pengertian IP Route
    Pengertian IP DNS
    Konfigurasi IP Route MikroTik
    Konfigurasi IP DNS MikroTik
    Beserta / disertai gambar
    CLI
    Dst-address
    Gateway
    Servers DNS
    Allow-remote-requests

    Posting Komentar untuk "Pengertian Serta Konfigurasi IP Route dan IP DNS MikroTik CLI Beserta Gambar"