]

Fitur-Fitur Yang Ada di Lingkungan Microsoft Excel beserta Fungsinya

Gambar Microsoft Excel
Gambar Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu perangkat lunak pengolah angka yang menjadi bagian dari aplikasi Microsoft Office. Perangkat lunak ini sering digunakan untuk mengerjakan perhitungan, menyimpan, mengatur dan menganalisis informasi.

Pemanfaatan perangkat lunak ini sangat beragam, mulai dari membuat pengaturan budget bulanan, mencatat dan merinci neraca keuangan bisnis ataupun mengelola data dengan jumlah sangat banyak untuk keperluan analisis statistik. Aplikasi ini juga dikenal dengan nama Spreadsheet (Excel) (spreadsheet).

Berbeda dengan perangkat lunak pengelola kata yaitu Microsoft Word, dokumen Excel terdiri dari atas kolom dan baris data, yang memuat sel data. Setiap sel dapat berisi teks maupun nilai angka yang dapat dihitung menggunakan formula.

Gambar Lingkungan Microsoft Excel
Gambar Lingkungan Microsoft Excel

Keterangan Lingkungan Microsoft Excel :
  • Quick Access Toolbar : Kumpulan tombol pintas yang sering digunakan untuk perintah umum. Bisa ditambah maupun dikurangi, namun secara default terdiri dari Save, Undo, dan Redo.
  • Ribbon : Berisi kumpulan tab yang sudah disusun berdasarkan kategori tertentu, misalnya Home, Insert, Page Layout, Formulas. Pada masing-masing tab berisi beberapa kelompok perintah, misalnya Font, Alignment, Number.
  • Title : Menampilkan nama dokumen yang sedang dibuka.
  • Name Box : Menampilkan lokasi atau “nama” sel yang dipilih.
  • Cell (Sel) : Sel adalah setiap persegi panjang di dalam workbook, yang merupakan persimpangan antara kolom dan baris.
  • Row (Baris) : Baris adalah sekumpulan sel yang bergerak dari kiri ke kanan halaman, yang diidentifikasi dengan nomor.
  • Column (Kolom) : Kolom adalah sekumpulan sel yang bergerak dari atas ke bawah halaman, yang diidentifikasi dengan huruf.
  • Formula Bar : Lokasi untuk memasukkan atau edit data, formula, atau fungsi yang ada pada sel tertentu.
  • Scroll between worksheets : Digunakan untuk menggeser worksheet. Lebar kerja (worksheet) atau disebut juga buku kerja (workbook). Setiap lembar kerja memiliki satu atau lebih lembar kerja, misalnya: Sheet1, Sheet2,...dst. Klik kanan untuk pilihan lainnya dan klik tab untuk beralih di antara mereka.
  • Click to add a new worksheet : Digunakan untuk menambahkan worksheet baru.
  • Normal View : Merupakan tampilan mode standar, yang menunjukkan jumlah sel dan kolom yang tidak terbatas.
  • Page Layout View : Tampilan ini akan membagi worksheet menjadi halaman.
  • Page Break View : Pilihan untuk menampilkan overview worksheet, khususnya sangat membantu ketika ditambahkan page breaks.
  • Scroll Bar : Berada di bagian bawah dan bagian kanan yang berfungsi untuk menggeser tampilan ke atas bawah atau kanan kiri.
Itulah fitur-fitur yang ada di lingkungan Microsoft Excel beserta fungsinya.

Itu saja artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jadikan Blog site ini sebagai media edukasi bagi sobat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Terima Kasih
Telah Berkunjung

Kata kunci :
Microsoft Excel
Lingkungan Microsoft Excel
Fitur-fitur pada Microsoft Excel
Fungsi fitur-fitur Microsoft Excel

Posting Komentar untuk "Fitur-Fitur Yang Ada di Lingkungan Microsoft Excel beserta Fungsinya"