]

Cara Menambah Network Adapter di VMware Workstation

Untuk artikel kali ini Kita akan membahas bagaimana caranya menambah Port Network Adapter di aplikasi virtualisasi yaitu VMware Workstation. Berikut adalah penjelasan dan pembahasannya.

Cara menambah network adapter di VMware Workstation



    Apa itu Network Adapter?


    Network adapter pada kehidupan nyata yaitu sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan Komputer ke Jaringan. Tanpa adanya perangkat keras ini, Komputer Kita tidak memiliki media untuk menghubungkan Komputer ke Jaringan. Begitu pula dengan virtualisasi, Network adapter pada virtualisasi yaitu sebuah virtual perangkat keras yang dapat menghubungkan Si Perangkat Virtual (Guest) dengan Jaringan yang tentunya bersumber/perantara dari Komputer nyata (Host) milik Kita.

    Sebuah virtual perangkat (guest) umumnya hanya memiliki satu Port Network Adapter. Jika di beberapa kasus Kita perlu banyak Port Network Adapter pada perangkat virtual Kita, tentunya Kita harus menambahkannya sesuai kebutuhan Kita. Dan untuk memahami bagaimana cara Menambahkannya, dapat Sobat simak pembahasan berikut ini.

    Tutorial Menambahkan Port Network Adapter


    1. Yang pertama ini, tentunya kalian Harus membuka dulu Aplikasi VMware Workstation yang terdapat di Komputer kalian.

    2. Buka Perangkat virtual mana yang ingin kalian tambahkan Port Network Adapter -nya.

    3. Setelah terbuka, pilih Edit Virtual Machine Settings (i) atau pilih Network Adapter (ii).

    4. Selanjutnya kalian pilih tombol Add untuk menambahkan setting-annya, lihat gambar.

    5. Kemudian Kalian pilih apa yang mau ditambahkan, Karena pembahasan kali ini adalah Network Adapter yang ingin ditambahkan Kalian pilih Network Adapter lalu tekan Next.

    6. Nah, disini kalian akan menentukan apa tipe dari Network Adapter yang ingin ditambahkan. Berikut adalah penjelasan dari tipe-tipe Network Adapter pada VMware:
      • Bridge : Tipe port yang seakan-akan memiliki Network Adapter yang sama dengan Perangkat nyata Kita.
      • NAT : Tipe port yang memberikan konfigurasi sendiri pada perangkat virtual agar mendapatkan akses internet yang perantaranya oleh komputer nyata
      • Host-only : Tipe port private yang hanya dapat menjadi perantara antara perangkat nyata (host) dengan perangkat virtual (guest).
      • Custom : Tipe port yang bisa kita pilih sendiri tapi hanya Adapter yang diberikan oleh VMware

    7. Jika sudah menentukan tipe nya, selanjutnya tekan Finish untuk mengakhiri konfigurasi nya.

    Untuk dapat mengetahui perubahannya, kalian dapat melihat di bagian setting-an Device nya. Jika Network Adapter nya terdapat 2 buah, itu artinya Kita berhasil menambahkan Network Adapter -nya. perhatikan gambar berikut.


    Mungkin itu saja artikel kali ini, Jika ada yang ingin ditanyakan tinggalkan saja Comment-nya. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di Artikel selanjutnya.

    Terima Kasih
    Telah Berkunjung

    Posting Komentar untuk "Cara Menambah Network Adapter di VMware Workstation"

    Beri dukungan untuk Creator hanya dengan 1 kali klik iklan.

    Beri dukungan untuk Creator hanya dengan 1 kali klik iklan.

    close