]

World Wide Web

Gambar World Wide Web
Gambar World Wide Web

World Wide Web (WWW) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Bersers-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak uang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.


    Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'Waring Wera Wanua' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN (Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa). Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

    Bagaimana WWW Bekerja

    WWW bekerja berdasarkan pada tiga mekanisme berikut :
    • Informasi disimpan di dalam dokumen yang sering Kita sebut halaman web.
    • Halaman web adalah file-file yang disimpan dalam komputer. Komputer tersebut dikenal dengan istilah Web Server.
    • Komputer yang mengakses isi dari halaman web disebut dengan Web Clients.
    • Web Clients menampilkan halaman web dengan program yang dikenal dengan nama Web browser seperti Chrome, Firefox dan Internet Explorer.

    Bagaimana Browser Menampilkan Halaman Web

    • Semua halaman web mengandung intruksi-intruksi tentang bagaimana dia akan ditampilkan.
    • Browser menampilkan halaman tersebut dengan cara membaca intruksi-intruksi ini.
    • Intruksi yang paling umum tersebut disebut dengan tag-tag HTML.
    Untuk lebih detailnya, berikkut ini adalah ilustrasi bagaimana browser bekerja :

    Misalnya, Kita ingin membuka sebuah halaman dengan URL http://blogsite.xyz/artikel/world-wide-web.

    Yang pertama, browser memecah bagian nama server dari URLnya (blogsite.xyz) ke dalam alamat Protokol Internet menggunakan basis data terdistribusi yang dikenal dengan istilah Domain Name System (DNS). DNS kemudian mencari nama URL tersebut kemudian memberikan alamat IPnya seperti misalnya 202.80.126.3. Browser kemudian meminta resource dengan jalan mengirimkan HTTP request melalui Internet kepada komputer dengan alamat IP tersebut. Browser melalui request tersebut melalui port tertentu supaya HTTP request yang lain (seperti misalnya pengiriman email) dapat ditangani. Protokol HTTP biasanya menggunakan port 80.

    Komputer yang menerima HTTP request akan mengirimkan request tersebut ke aplikasi Web Server. Jika web server dapat memenuhi request tersebut, dia akan mengirimkan HTTP response ke browser dan memberikan status sukses semacam HTTP/1.0 200 OK.

    Web browser akan mengurai kode HTML, menerjemahkannya serta menuliskan teks yang terkandung didalam halaman web ke layer.

    Banyak halaman web juga mengandung konten lain seperti gambar, script, CSS, dan lain-lain. Browser akan membuat HTTP request tambahan pada Web Server untuk hal tersebut. Ketika browser menerima konten tersebut, browser secara progresif akan me-render konten tersebut dan menampilkannya ke layar.

    Bagaimana HTTP Bekerja

    Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol agar client dan server bisa berkomunikasi dengan gaya request-response. HTTP menentukan bagaimna format pesan dan bagaimana cara pengirimannya, serta bagaimana web server dan browser beraksi dan bereaksi terhadap berbagai perintah.

    Contoh: Sebuah client (browser) mengirim HTTP request ke server. Kemudian server mengirimkan respon kepada client. Respon tersebut mengandung status tentang request tersebut dan konten yang di-request.

    Itu saja artikel kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

    Terima Kasih
    Telah Berkunjung

    Kata Kunci :
    World Wide Web - WWW
    Sejarah WWW
    Bagaimana WWW Bekerja
    Bagaimana Browser Menampilkan Halaman Web
    Bagaimana HTTP Bekerja

    Posting Komentar untuk "World Wide Web"

    Beri dukungan untuk Creator hanya dengan 1 kali klik iklan.

    Beri dukungan untuk Creator hanya dengan 1 kali klik iklan.

    close