]

Cara Menyembunyikan Folder dan/atau File dengan menggunakan CMD

Punya Folder atau File privasi yang ingin disembunyikan? Saya punya cara nya nih sob. Tanpa menggunakan Pihak Ketiga atau Software/Aplikasi lain untuk menyembunyikannya, cukup dengan Command Prompt atau CMD yang sudah menjadi bawaan dari setiap PC.


Kebanyakan dari Kita pasti punya privasi. Dan yang namanya Privasi, pasti juga Kita tidak ingin orang lain tahu. Mungkin sama halnya dengan Sobat yang memiliki folder atau file privasi. Jika mungkin Sobat tengah mencari cara untuk menyembunyikan Folder atau File Privasi Sobat, tak usah bingung harus bagaimana. Cukup dengan memerintahkan Computer untuk menyembunyikannya melalui Command Prompt atau CMD, dan pastinya dijamin aman sob.

Bagaimana sih Cara menyembunyikan folder dan file nya? Yuk, simak Tutorial kali ini Sob.

Langkah - Langkah :

  1. Yang pertama dan paling utama, buka CMD nya terlebih dahulu. Terdapat dua cara untuk membukanya.
    • Cara pertama, buka Windows Run dengan menekan Windows + R secara bersamaan. Kemudian ketik CMD pada kolom yang tersedia, Klik Enter untuk membuka.
    • Cara Kedua, klik Start Windows. Kemudian ketik CMD pada kolom Search, Klik Enter untuk membuka.
  2. Setelah CMD terbuka, Ketik perintah Masuk ke Directory yang Kita tuju. Misalkan, yang Kita tuju adalah directory D, ketik perintah "d:" tanpa tanda petik untuk masuk ke directory D. Begitu pula dengan Directory lain.
  3. Setelah masuk ke directory yang Kita tuju. Jika Folder atau File yang ingin Kita sembunyikan berada dalam Folder lain, Kita masuk dulu ke Folder tersebut dengan perintah "cd namafolder" tanpa tanda petik. Sebagai Contoh, Folder atau File yang ingin Saya sembunyikan berada dalam Folder yang bernama "Cek", Saya ketikan perintah cd Cek untuk masuk ke folder tersebut. Lakukan berulang kali, jika Folder atau File yang ingin disembunyikan masih terdapat dalam folder lain. Catatan : Jika Folder atau File yang ingin disembunyikan tidak berada dalam folder lain, lewati langkah ini
  4. Kemudian, Jika sudah masuk dalam Folder yang terdapat Folder atau File yang ingin disembunyikan langsung saja ketikan perintah menyembunyikannya.
    • Jika yang ingin disembunyikan dalam bentuk Folder, ketikan perintah "attrib +h *namafolder* /s /d" tanpa tanda petik, lalu tekan Enter untuk mengeksekusi. Sebagai contoh, Saya ingin menyembunyikan Folder yang bernama "Sembunyikan", ketikan perintah attrib +h *Sembunyikan* /s /d. Berikut tampilannya jika perintah berhasil dieksekusi.
    • Jika yang ingin disembunyikan dalam bentuk File, ketikan perintah "attrib +h *namafile.jenisfile*" tanpa tanda petik, lalu tekan Enter untuk mengeksekusi. Sebagai contoh, Saya ingin menyembunyikan File .mp4 (Video) yang bernama "Sembunyikan", ketikan perintah attrib +h *Sembunyikan.mp4*.
  5. Sobat cek Folder atau File yang ingin disembunyikan tadi, Sudah tak ada kan? Berarti sobat berhasil menyembunyikannya.
  6. Tambahan, Jika ingin kembali memunculkan Folder atau File yang telah disembunyikan, ganti saja perintah +h dengan -h. Catatan : h = hide (sembunyi).

Begitulah tutorial menyembunyikan Folder atau File dengan menggunakan CMD. Gunakan secara bijak ya sob. Jangan menjadikan senjata untuk menyembunyikan Folder atau File yang ENGGAK-ENGGAK, hanya sekedar pengetahuan saja. 

Okelah, cukup sekian Tutorial kali ini. Sering-sering main ke Blog Site ini ya sob, ada banyak Artikel yang mungkin bermanfaat bagi Sobat. Dengan seringnya sobat main ke Blog Site ini, sobat dapat memberi Saya dukungan untuk lebih giat lagi dalam mengembangkannya. Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih
Sudah Berkunjung

Posting Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Folder dan/atau File dengan menggunakan CMD"

Beri dukungan untuk Creator hanya dengan 1 kali klik iklan.

Beri dukungan untuk Creator hanya dengan 1 kali klik iklan.

close