]

Mengubah Identitas dan Menambah Menghapus Mengubah User Routerboard MikroTik dengan CLI

Kali ini Kita akan membahas bagamaimana Cara Mengubah Identitas dan Menambah User pada Routerboard MikroTik. Sebelum memulai, ada beberapa yang ingin Saya sampaikan kepada Sobat beberapa penjelasan mengenai apa yang akan Kita bahas saat ini


Bukan kah seharusnya setiap sistem memiliki identitas tersendiri sobat? Jawabannya adalah IYA. Identitas digunakan agar Kita dapat mengenal satu dengan yang lain. Bagaimana jika dalam suatu Jaringan terdapat identitas Router MikroTik yang sama? Pasti Kita akan kebingungan yang mana salah satu dari Router yang Kita maksud. Sebab itulah dibutuhkan Identitas dari Routerboard Mikrotik, agar Kita tahu bahwasannya Itu adalah Router Saya.


    Begitu pula dengan keamanan/security-nya. Agar tidak sembarangan orang dapat mengobrak-ngabrik Router milik Kita, Kita butuh User Login di Router milik Kita. Ada beberapa kriteria group didalam User Router MikroTik, antara lain :
    • Group Full : Artinya user yang menggunakan group ini memiliki Permission/Izin sepenuhnya dalam pengkonfigurasi Router MikroTik.
    • Group Read : Artinya user yang menggunakan group ini hanya memiliki Permission/Izin untuk melihat konfigurasi yang ada.
    • Group Write : Artinya user yang menggunakan group ini hanya memiliki Permission/Izin pengkonfigurasian yang tidak berkaitan dengan sistem. Contohnya : Dapat menambahkan IP Address namun tidak dapat mereset Router MikroTik.

    Nah setelah penjelasan diatas Kita dapat simpulkan betapa pentingnya mengkonfigurasi Identitas dan User Router milik Kita agar tingkat keamanannya lebih tinggi.

    Mengubah Identitas Routerboard MikroTik


    Seperti yang dijelaskan sebelumnya, betapa pentingnya untuk mengubah Identitas dari Router milik Kita. Perlu diketahui, Identitas dari Router MikroTik ini nantinya akan muncul saat Kita ingin Login kedalam Router MikroTik jika Kita menggunakan Aplikasi Remote untuk konfigurasinya, contohnya Aplikasi Winbox. Lihatlah yang ditandai, itu adalah contoh Identitas dari Router MikroTik yang muncul di Aplikasi Winbox.


    Sekedar pengetahuan. Selain Identitas, Winbox juga menampilkan antara lain :
    • MAC Address : Alamat interface Router yang tersambung di Komputer Kita.
    • IP Address : Alamat IP Router sesuai dengan Interface mana yang tersambung dengan Kita.
    • Version : Versi Operating System (OS) Mikrotik yang terpasang di Router.
    • Board : Versi Routerboard MikroTik. *Diatas adalah Router Virtual, sehingga versi Boardnya x86.

    Untuk bagaimana cara mengubah identitas nya, berikut adalah perintahnya.

    system identity set name=Nama_Identitas

    *Catatan : Nama identitas jika ingin menggunakan SPASI harus dalam tanda Kutip ("").

    Contoh Saya ingin mengubah Identitas sebuah Router yang default name nya adalah MikroTik, Saya rubah menjadi Router 0 dengan spasi. Berikut adalah perintahnya, dan lihatlah perubahnnya.

    [admin@MikroTik] > sy identity set name="Router 0"


    Nah, sampai sini Kita sudah dapat dan memahami Bagaimana mengubah Identitas Routerboard Mikrotik dengan CLI pastinya. Selanjutnya, Kita akan mempelajari bagaimana cara menambah, menghapus, serta mengubah User Routerboard MikroTik.

    Menambah User Routerboard MikroTik


    Yang akan Kita bahas pertama ini adalah Menambah User. Menambah User berarti menambah Akun untuk seseorang yang Kita kehendaki, tentunya dengan Permissions/izin yang berbeda-beda. Perlu diketahui bahwa dalam User MikroTik menganjurkan agar tidak memakai satu huruf kapital pun dalam username nya. Dalam pembahasan kali ini, seperti biasa Kita punya kasus. Kita menghendaki adanya penambahan User dengan izin yang berbeda-beda, antara lain :
    • User ridwan Password r1dwan, dengan Permissions/izin Full.
    • User budi Password bUdI, dengan Permissions/izin Read.
    • User gopur Password 9opur, dengan Permissions/izin Write.

    Dari contoh kasus diatas, Kita akan menuangkannya ke dalam Konfigurasi menambahkan User kali ini. Berikut adalah perintahnya.

    [admin@Router 0] > user add name=ridwan password=r1dwan group=full
    [admin@Router 0] > user add name=budi password=bUdI group=read
    [admin@Router 0] > user add name=gopur password=9opur group=write

    Untuk menampilkan perubahannya, Gunakan perintah PRINT.



    Saat ini Kita memiliki 4 user yang terdapat pada router milik Kita. Sobat dapat mengecek satu-satu dari user tersebut untuk memastikan bahwa User tersebut sudah berfungsi.

    Menghapus User Routerboard MikroTik


    Pembahasan kali ini perintahnya sama seperti artikel sebelumnya, yaitu Menambah, Menghapus, dan Mengubah IP Address. Baik, Kita mulai saja. Misalkan Kita ingin menghapus user ridwan dengan izin full yang sebelum sudah Kita tambahkan. Cukup dengan mengetahui pada Numbers keberapa user tersebut dengan cara ditampilkan terlebih dahulu dengan perintah PRINT seperti contoh sebelumnya, Kita dapat mengetahui lalu menghapusnya. Berikut adalah perintahnya :
            
    [admin@Router 0] > user remove 1 => Numbers user ridwan.


    Silahkan untuk Sobat bereksperimen menghapus lalu menambahkan nya kembali agar Sobat dapat langsung memahaminya.

    Mengubah User Routerboard MikroTik ( User/Password/Group )


    Kali ini Kita akan mengubah User yang sudah ada, baik itu mengubah User nya, Password nya, bahkan Group nya. Salah satu atau bahkan sekaligus dapat diubah. Dalam Contoh ini, Kita akan mengubah Password serta Group dari User Budi yang sebelumnya adalah Password=bUdI dan Group=read menjadi Password=budimikrotik Group=Full. Berikut adalah Perintahnya.

    [admin@Router 0] > user set 1(numbers user budi) password=budimikrotik group=full

    Setelah ini, Sobat dapat bereksperimen mengubah apapun baik Username, password, group dari user yang sudah diinputkan sebelumnya. Banyak-banyak berlatih untuk hasil yang memuakan.

    Mungkin itu saja Artikel kali ini, jangan lupa untuk membaca Artikel lain yang ada di blogsite ini ya sobat, silahkan titipkan Comment. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di Artikel selanjutnya.

    Terima Kasih
    Telah Berkunjung

    Posting Komentar untuk "Mengubah Identitas dan Menambah Menghapus Mengubah User Routerboard MikroTik dengan CLI"

    Beri dukungan untuk Creator hanya dengan 1 kali klik iklan.

    Beri dukungan untuk Creator hanya dengan 1 kali klik iklan.

    close